Kebudayaan Lokal Desa Mojorembun


   Desa Mojorembun adalah salah satu desa di Kabupaten rembang kecamatan Kaliori , mungkin diantara kaliyan tidak asing lagi dengan nama desa ini . Desa ini memiliki sumber perekonomian utama dari ladangan persawahan . Diantara nya warga desa Mojorembun melakukan kegiatan sehari-hari dengan membuat batu bata , bercocok tanam , dan sebagian menjadi pegawai. Selain itu desa ini juga memiliki berbagai macam tradisi salah satu nya adalah tradisi sedekah bumi. Sedekah Bumi adalah semacam pesta rasa syukur yang dilakukan oleh para penduduk desa untuk memberi penghormatan pada seluruh komponen Alam yang diberikan oleh Allah untuk mereka.
#. Tujuan adanya sedekah bumi yaitu :
-          Wujud rasa syukur terhadap Allah yang telah memberikan sebuah alam yang bisa mendatangkan keberkahan untuk seluruh warga desa.
-          Memperingati hari ulang tahun desa
#. Pelaksanaan sedekah bumi :
-          Sedekah bumi dilaksanakan pada saat usai panen padi biasa ya sekitar bulan Juni / Juli . Acara sedekah bumi dimulai pada saat pagi hari dengan adanya syukuran bersama warga desa dengan membawa makanan-makanan khas atau nasi untuk di doakan bersama . Biasa nya dilakukan di rumah Kepala desa / kalau tidak di “Punden”. Punden adalah sebuah tempat yang konon katanya merupakan makam yang menentukan cikal bakal adanya sebuah desa yaitu desa Mojorembun. Pada saat berdoa bersama tersebut dipimpin oleh seorang Modin. Modin adalah orang yang memimpin acara-acara adat di desa ku dan sekaligus orang yang biasa nya mengurusi mayat .
-          Pada saat sedekah bumi , desa ini memiliki adat untuk setiap warga agar pada hari sedekah bumi tersebut para warga tidak melakukan pekerjaan yang bertujuan untuk menghormati alam yang sedang di berkahi
-          Pada siang hari atau sekitar jam 9 ada semacam Barong/Barongan yang merupakan barong asli yang dimiliki warga desa Mojorembun dan nama Barong tersebut adalah Barong “Karya Muda”, Barong tersebut keliling memasuki rumah warga dengan di jalan kan oleh pawang nya yang bernama Pak Jayari. Barong tersebut memasuki rumah warga satu persatu dengan menebarkan beras kuning.
= Tujuan dari Barong : Untuk menghilangkan balak pada setiap rumah dengan adanya besar kuning yang di percaya sebagai penangkal balak
Tradisi Saat Sedekah Bumi
-          Adat Pemberian Makanan
Saat sedekah bumi biasa nya para warga menghantarkan makanan kepada sanak saudara yang beradara di luar desa , biasa nya hantaran mereka berupa nasi liwet dengan lauk pauk yang bermacam-macam dengan jajanan pasar yang di buat layak nya orang sedekah bumi , seperti dumpek, gemblong, Nagasari, Pasung , Apem , dll
= Tujuan : mempererat rasa persaudaraan melalui sebuah hantaran makan yang mungkin tidak seberapa besar/ harga nya
-          Adanya makanan Tradisional khas
Dalam sedekah bumi biasa nya warga desa membuat makanan khas yang selalu ada pada acara ini misal nya ada nya Nagasari , Bugis , Apem , Pasung , Gemblong, dan lain-lain . Dari makanan-makanan tersebut memiliki arti yaitu merupakan makanan tradisional yang merupakan pencerminan dari rasa syukur penduduk terhadap hasil alam yang telah memberi kesejahteraan untuk mereka.
Hiburan sedekah Bumi
-          Pada saat sedekah bumi di desa ini bisa nya ada hiburan berupa ketoprak yang menjadi tontonan wajib karena mitos nya Sesepuh/ leluhur jaman dahulu sudah terbiasa dengan adanya Ketoprak . Ketoprak adalah kesenian semacan teater tetapi lebih mengarah kepada cerita-cerita jaman kerajaan .
-          Selain ketoprak , ada juga hiburan lain seperti musik dangdut, lomba-lomba seperti sepeda santai, Panjat Pinang , makan krupuk , gebuk guling, dan lain-lain
Demikian adalah salah satu kebudayaan yang ada di desa Mojorembun , mungkin sedekah bumi di desa ini berbeda dengan sedekah bumi yang ada di desa/tempat lain begitupun sebaliknya . Hal tersebuta karena adanya beberapa faktor seperti faktor ekonomi, adat istiadat , kepercayaan dll. Semua dilakukan hanya semata-mata sebagai pengucapan rasa syukur tidak berarti untuk berbuat syirik .







Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menggunakan dan Penerapan Osciloscope

Seismograf

Biosensor